Friday, 23 December 2011

Aku,Tempe dan Bakso

"tempe n bakso" tu makanan favoritenya saya kalo mau tau...teman2 smua 
Kalo makan kat rumah mmg xsah kalo gk ada tempe...lagi2 kalo digoreng mmg sedapla :D
sometime, kalo pg pasar dgn mak mesti aku akn amik tempe suruh mak beli heee
itu pasal TEMPE, kalo Bakso plak n  nak tau x ? mak saya pandai buat Bakso...asli dari Indonesia.
 so, sape2 yg nak tu blh lah dtg rumah saya...sya bg rasa...gerenti enak!!!!
TEMPE…
Siapa yang tak kenal tempe? Makanan asli Indonesia yang murah dan meriah.
Tempe adalah hasil fermentasi antara kedelai dengan jamur Rhizopus Oligosporus. Tempe banyak disuka selain rasanya yang lezat, harganya murah, dan mudah didapat.
Tahu nggak sih, ternyata tempe itu punya banyak khasiat. Sepotong tempe mengandung berbagai unsur bermanfaat, seperti karbohidrat, lemak, protein, serat, vitamin, enzim, daidzein, genisten, serta komponen antibakteri bermanfaat untuk kesehatan.
Oleh karena itu, tempe sangat baik untuk diberikan kepada segala kelompok umur (dari bayi hingga lansia), sehingga bisa disebut sebagai makanan semua umur.Selain itu, pada tempe juga terjadi peningkatan nilai gizi, seperti kadar vitamin B2, vitamin B12, niasin, dan asam pantorenat.

Mau tau apa Khasiatnya…ini dia:-
1. Protein yang terdapat dalam tempe sangat tinggi, mudah dicerna sehingga baik untuk mengatasi diare.
2. Mengandung zat besi, flafoid yang bersifat antioksidan sehingga menurunkan tekanan darah.
3. Mengandung superoksida desmutase yang dapat mengendalikan radikal bebas, baik bagi penderita jantung.
4. Penanggulangan anemia. Anemi ditandai dengan rendahnya kadar hemoglobin karena kurang tersedianya zat besi (Fe), tembaga (Cu), Seng (Zn), protein, asam folat dan vitamin B12, di mana unsur-unsur tersebut terkandung dalam tempe.
5. Anti infeksi. Hasil survey menunjukkan bahwa tempe mengandung senyawa anti bakteri yang diproduksi oleh karang tempe (R. Oligosporus) merupakan antibiotika yang bermanfaat meminimalkan kejadian infeksi.
6. Daya hipokolesterol. Kandungan asam lemak jenuh ganda pada tempe bersifat dapat menurunkan kadar kolesterol.
7. Memiliki sifat anti oksidan, menolak kanker.
8. Mencegah masalah gizi ganda (akibat kekurangan dan kelebihan gizi) beserta berbagai penyakit yang menyertainya, baik infeksi maupun degeneratif.
9. Mencegah timbulnya hipertensi
10. Kandungan kalsiumnya yang tinggi, tempe dapat mencegah osteoporosis.

Tapi kan kalo pulang ke Surabaya pasti gak lupa makan BAKSO coiyyy!!
BAKSO…BAKSO…BAKSO hahaha~~~
mau tau tak apa tu BAKSO?
Bakso adalah bola daging yang dimasak dicampur dengan terigu dibuat bulat dengan campuran bumbu-bumbu lalu direbus dengan kuah daging yang sebelumnya juga sudah di campur dengan bumbu-bumbu.Bakso ini biasanya disajikan bersama mie kuning dan bihun beserta sayuran.Makanan ini juga bisa di temukan dimana-mana. Nyuuuuummmmyyy enak kan..heee

Saya kan mmg KUAT makan heeee:P

4 comments:

  1. sbg org jawa, aku mmg kompom makan bende2 ni selalu.. meh singgah blog aku.. -amir silat gayong.. :D

    ReplyDelete
  2. wahh,kemain eh rom promosi bakso ngan tempe,t farah nak g la umah rom rase mak rom masak tempe baik punye,hiiiiiiii....:D

    ReplyDelete